Logo Fraksi PKS DPRD Depok

Website Resmi
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

DPRD Kota Depok

Sri Utami: Menyambut Hari Pramuka, DPRD Depok Inisiasi Raperda Pendidikan Pramuka

 

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

Fraksi PKS Depok, Sri Utami : Menyambut Hari Pramuka, DPRD Depok Inisiasi Raperda Pendidikan Pramuka

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Setiap tanggal 14 Agustus diperingati sebagai Hari Pramuka. Anggota DPRD Kota Depok dari Fraksi PKS, Sri Utami menyampaikan, bertepatan dengan peringatan hari pramuka ke-61 tahun ini DPRD Depok menyepakati usulan Raperda Pendidikan Kepramukaan untuk masuk ke Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) tahun 2023.

“Ini kebetulan pada saat itu saya masih di Bapemperda. Waktu itu kita sedang membahas Raperda Kepemudaan. Saya usul agar kepramukaan dimasukan di Raperda Kepemudaan. Tetapi ternyata Pramuka ini mempunyai Undang-Undang tersendiri yaitu UU nomor 12 Tahun 2020 tentang Pendidikan Kepramukaan. Makanya akhirnya diusulkan dibuat Perda tersendiri,” ungkap Sri Utami.

Sri Utami menilai bahwa di Undang-Undang 12 tahun 2010 ini ada amanah yang diberikan kepada Pemda, yang diatur di Pasal 36 dan 43. Di antaranya adalah mendukung, memfasilitasi penyelenggaraan pendidikan kepramukaan secara berkelanjutan, serta berkesinambungan. Kemudian terkait dengan dukungan pendanaan dan pengawasan, sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku.

“Saya melihat bahwa kepramukaan ini sangat strategis, ketika kecil saya ikut pramuka dan itu berdampak dalam pembentukan kepribadian anak. Di kota Depok sebetulnya sudah dilakukan oleh Pemda. Namun, sepertinya perlu dukungan dan penguatkan mengingat tantangan yang dihadapi pemuda kita sekarang lebih kompleks,” tutur Sri Utami.

“Anak-anak kita dihadapkan pada kondisi yang lebih senang dengan dunia maya. Karena kemudahan teknologi bisa berdampak menjadi asosial, nyaman menyendiri dengan gadget” tambah Sri utami.

Sementara itu, lanjut Sri Utami, membangun bangsa ini dibutuhkan kecerdasan bersosialisasi, membangun kerjasama dan life skill yang dibentuk melalui proses pendidikan secara offline, punya ketahanan untuk bekerjasama, dan itu disediakan oleh pendidikan pramuka.

“Prinsip-prinsip dalam pendidikan Pramuka, yang termaktub dalam Tri Satya dan Dasa Dharma sangat diperlukan oleh bangsa ini. Yaitu SDM yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, cinta alam, berjiwa patriot, sopan santun, rela menolong, tabah, rajin, terampil, gembira dan sebagainya,” tegas Sri Utami.

Maka itu Sri Utami mengapresiasi kepada Bapemperda dan DPRD Kota Depok yang telah menyepakati melalui Sidang Paripurna beberapa waktu lalu, yang menetapkan Raperda ini masuk ke dalam Propemperda yang akan dibahas tahun 2023.

“Kami berharap naskah akademisnya nanti bagus, bisa mengekplorasi kearifan dan kebutuhan lokal Depok. Sehingga Perda ini nantinya benar-benar bisa mengakselerasi Pendidikan kepramukaan ini sebagai bagian dari strategi mencetak SDM-SDM unggul yang kita persembahkan bagi NKRI yang kita cintai bersama,” pungkas Sri Utami. (gun/**)

Sumber : https://www.radardepok.com/2022/08/sri-utami-menyambut-hari-pramuka-dprd-depok-inisiasi-raperda-pendidikan-pramuka/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *