Logo Fraksi PKS DPRD Depok

Website Resmi
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

online poker 888poker

DPRD Kota Depok

Kendalikan Inflasi Selama Ramadan, Sri Utami Apresiasi Walikota Depok

 

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

Fraksi PKS Depok, Kendalikan Inflasi Selama Ramadan, Sri Utami Apresiasi Wali Kota Depok

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Anggota Komisi B DPRD Kota Depok dari Fraksi PKS, Sri Utami mengapresiasi kinerja Walikota Depok, Mohammad Idris serta jajarannya dalam mengendalikan inflasi selama Ramadan 1444 Hijriah/2023.

Sri Utami menilai, hal tersebut bisa dilihat dari harga-harga bahan pokok, khususnya yang biasanya di Ramadan harganya mengalami peningkatan, ternyata terkendali dengan baik.

Sri Utami menyebutkan, misalnya minyak goreng yang biasanya Rp14.500 naik menjadi Rp15.000.

Kemudian cabai rawit itu naik harganya cukup signifikan dari Rp40an ribu menjadi hampir Rp85 ribu.

“Tetapi ini kemudian bisa diatasi, sehingga tidak menjadi gejolak yang meresahkan di masyarakat. Sementara kebutuhan yang lain nyaris relatif terkendali. Telur juga kemarin ada kenaikan harga, tetapi tidak cukup signifikan,” terang Sri Utami.

Sri Utami melanjutkan, ini strategi yang ditempuh oleh Pemkot Depok sebetulnya sudah bagus.

Misalnya, memastikan pasokan terjamin karena Kota Depok adalah wilayah yang hampir 98 persen kebutuhan pangannya itu dipasok dari luar kota.

Maka ini harus dipastikan sumber pemasok, sumber produksinya stoknya terjamin dengan baik. Kemudian distribusinya juga tidak terkendala.

“Ini salah satu fungsi dari Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), kemudian leading sektor yang terkait dengannya,” ucap Sri Utami.

Kemudian juga kalau terjadi kenaikan cara yang memang cepat itu adalah dengan melakukan operasi pasar.

Ini sudah dilakukan, baik itu operasi pasar yang mencakup produk tersebut maupun juga Dinas.

“Misalnya yang sekarang ini melakukan di antaranya adalah Pasar Tani yang dikelola oleh DKP3 Kota Depok. Upaya-upaya ini saya pikir efektif untuk menekan inflasi. Sehingga masyarakat penghasilannya tidak tergerus untuk memenuhi kebutuhan pokoknya,” jelas Sri Utami.

Sri Utami mengingatkan, diharapkan waspada menjelang Hari Raya Idul Fitri. Dan berharap masih bisa terkendali dengan baik.

live online casino usa

“Menggunakan pola yang ada, dan walikota sepertinya sudah cukup bagus melakukan koordinasi, pemantauan,” ujar Sri Utami.

Kemudian juga harus melakukan forcasting atau prediksi waktu, kapan yang terjadi kemungkinan inflasi.

“Salah satunya mungkin pasokan daging sapi dan ayam menjelang Hari Raya Idul Fitri harus dipastikan aman. Kelapa juga kebutuhannya meningkat untuk memasak rendang, opor, dan lain-lain. Sehingga kebutuhan itu harus segera dipastikan terpenuhi,” pungkas Sri Utami. ***

Sumber : https://www.radardepok.com/metropolis/9468340632/kendalikan-inflasi-selama-ramadan-sri-utami-apresiasi-walikota-depok?page=2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *