Logo Fraksi PKS DPRD Depok

Website Resmi
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

DPRD Kota Depok

Anggota DPRD Depok Sambut Positif Operasional LRT Jabodebek, Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

 

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

Fraksi PKS Depok, Anggota DPRD Depok Sambut Positif Operasional LRT Jabodebek, Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

TEMPO.COJakarta – Anggota Komisi B DPRD Depok Qurtifa Wijaya mengatakan beroperasi LRT Jabodebek yang berdampak pada peningkatan ekonomi dan mobilitas masyarakat Jakarta, Depok, dan Bekasi.

“Peningkatan mobilitas ini dapat menguntungkan masyarakat dalam hal efisiensi waktu dan biaya perjalanan,” kata politikus PKS itu, Kamis, 13 Juli 2023 seperti dilansir dari Antara. .

“Hal ini memberikan peluang baru bagi masyarakat setempat untuk membuka usaha dan menciptakan lapangan kerja,” katanya.

Ia menambahkan dampak ekonomis lainnya ada peningkatan nilai properti. Adanya LRT cenderung meningkatkan nilai properti di sekitar jalur LRT.

“Properti yang berada dekat dengan stasiun-stasiun LRT biasanya lebih menarik bagi calon pembeli atau penyewa, karena aksesibilitas yang lebih baik ke transportasi umum. Hal ini dapat menguntungkan pemilik properti di daerah-daerah tersebut,” kata Qurtifa Wijaya.

Pria yang akrab disapa Ustad Quri ini menambahkan LRT Jabodebek akan mendorong peningkatan mobilitas dan aksesibilitas transportasi bagi masyarakat.

“Ini dapat membantu mengurangi kemacetan lalu lintas di jalan-jalan utama dan mempercepat perjalanan antara Jakarta, Depok, Bekasi dan sekitarnya. Peningkatan mobilitas ini dapat menguntungkan masyarakat dalam hal efisiensi waktu dan biaya perjalanan,” ujarnya.

Uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek dilakukan secara bertahap, yaitu tahap pertama mulai 12 Juli 2023 sampai 26 Juli 2023. Pada tahap ini, yang dapat mengikuti uji coba adalah undangan terbatas dari kementerian/lembaga, jurnalis/media, dan komunitas.

Selanjutnya, pada tahap kedua mulai 27 Juli 2023 sampai 15 Agustus 2023, masyarakat umum dapat mengikuti uji coba dengan mengisi link pendaftaran yang disediakan oleh pihak operator LRT Jabodebek.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta dukungan kepada pemerintah daerah untuk mengoptimalkan integrasi antarmoda dengan moda lainnya seperti TransJakarta, angkutan kota, KRL, dan moda lainnya.

Menurutnya, integrasi antarmoda yang baik akan semakin memudahkan aksesibilitas masyarakat untuk menggunakan LRT Jabodebek baik dari Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi.

Sumber : https://metro.tempo.co/read/1747929/anggota-dprd-depok-sambut-positif-operasional-lrt-jabodebek-mendorong-pertumbuhan-ekonomi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *