Depok | detikNews – Pada tanggal 25 – 27 Oktober 2023 satu lagi Puskesmas di Kecamatan Beji, tepatnya wilayah Tanah Baru untuk kali kedua siap dilakukan Akreditasi. T. Farida Rachmayanti, S.E, M.Si, anggota DPRD Kota Depok Fraksi PKS Dapil Beji Cinere Limo menyebut, bahwa proses Akreditasi dilakukan sebagai bentuk pengakuan terhadap Puskesmas yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara Akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan setelah dinilai, bahwa Puskesmas tersebut telah memenuhi standar pelayanan Puskesmas yang telah ditetapkan oleh Menteri Kesehatan untuk meningkatkan mutu pelayanan.
“Ada empat tingkatan Akreditasi Puskesmas yakni : Strata Dasar, Strata Madya, Strata Utama dan yang paling tinggi adalah Paripurna. Melalui Akreditasi ini Puskesmas dinilai, sejauh mana kinerjanya dalam membangun sistem tata kelola manajemen, baik secara institusi, program, resiko dan mutu”, terang anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Kota Depok ini, Rabu 25/10/2023.
“Selain itu akreditasi puskesmas juga ingin memastikan siklus tata kelola manajemen puskesmas yang semakin baik, meliputi : perencanaan, pelaksanaan dan penggerakan. Kemudian yang terakhir adalah : pengawasan dan pengendalian”, sambungnya.
Lebih jauh Politisi senior PKS Depok ini mengatakan, bahwa Fraksi PKS Depok berharap, agar Akreditasi yang dilakukan terhadap Puskesmas di Kota Depok, dapat memberi manfaat terhadap kualitas sistem kesehatan di Kota Depok dengan mewujudkan fungsinya.
“Puskesmas memiliki 3 fungsi yaitu : Pertama, sebagai pusat pembangunan kesehatan masyarakat di wilayahnya. Kedua, membina peran serta masyarakat di wilayah kerjanya dalam rangka meningkatkan kemampuan untuk hidup sehat. Ketiga, memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayah kerjanya”, tutur Farida.
Srikandi PKS Kota Depok ini pun menjelaskan, bahwa, Puskesmas Tanah Baru juga sudah menjadi Puskesmas ramah anak, dan ia pun berharap, semoga dengan Akreditasi yang dilakukan dapat menjadi modeling bagi Puskesmas lainnya di Kota Depok.
“Keramahan itu sangat dibutuhkan oleh pasien. Karena sangat berpengaruh dalam memberikan rasa nyaman dan tenang saat menjalankan proses pengobatan. Kemudian, keramahan secara organisasi dan individu dari para tenaga kesehatan juga mengindikasikan berjalannya sistem kelola manajemen yang baik. Karena mereka benar – benar dapat beraktivitas secara profesional”, ucap T. Farida Rachmayanti, S.E, M.Si. (Arifin)