Logo Fraksi PKS DPRD Depok

Website Resmi
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

DPRD Kota Depok

Reses Ade Firmansyah Anggota DPRD Kota Depok : Beberkan 3 Penting Tugas Wakil Rakyat

 

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

Fraksi PKS Depok, Ade Firmansyah Anggota DPRD Kota Depok Beberkan 3 Penting Tugas Wakil Rakyat

RADARDEPOK.COM-Upaya merangkul warga Depok untuk melek politik dan paham betul fungsi wakil rakyat di DPR, membuat Ade Firmansyah rajin ‘turun’ ke masyarakat dan lakukan sosialisasi tugas dan fungsi komisi DPRD.

“Program sosialisasi anggota komisi ini baru mulai dilaksanakan tahun lalu biasanya hanya reses. Waktu İtu kami menyayangkan kuota reses hanya sedikit lalu bagaimana kita memberitahu kepada masyarakat mengenai apa yang bisa kami lakukan untuk mereka secara maksimal,” ujarnya.

Pernyataan ini dikemukakan Ade Firmansyah dihadapan sejumlah pengurus RT/RW, anggota PKK, tokoh masyarakat pada kegiatan Sosialisasi dan di Perumahan Taman Depok Permai,Sukamaju. Pada kesempatan itu hadir juga Lurah M. Yanih, H. Hidayat Kasiepem Kecamatan Cilodong, Kusmawan Ketua LPM Sukamaju.

Sebelum mengutarakan apa saja yang bisa di perbuatnya untuk masyarakat selaku anggota dewan Ade memaparkan 3 tugas pokok dewan.

”Pertama membuat peraturan/ kebijakan sesuai kearifan lokal. Kedua budgeting , bersama Pemkot Depok membahas anggaran APBD Kota Depok untuk membangun kota Depok . Ketiga pengawasan , setelah membentuk peraturan daerah bagaimana mekanisme , sosialisasinya, efek dampak terhadap pembangunan kemudian budgetnya. Dan itu diawasi oleh DPRD,” paparnya.

Dan selalu komisi D, ia pun menjelaskan tentang 11 bidang yang turut ditanganinya selaku komisi D DPRD Kota Depok. Terutama bidang pelayanan dasar yakni pendidikan, kesejahteraan rakyat kesehatan termasuk permasalahan BPJS Kesehatan dan ketenagakerjaan.

Ade Firmansyah vsebgaja memaparkan hal tersebut agar warga masyarakat paham apa saja yang bisa diharapkan dari anggota dewannya. Tak sekedar pengajuan proposal bantuan seperti yang selama ini terjadi.

Sebagai wakil rakyat, dirinya berharap ada komunikasi lebih baik antara anggota masyarakat , yang mungkin bisa diwakili juga oleh LPM, pengurus RT/RW dan lainnya dan dirinya, tentunya yang masih di jalur kewenangannya sebagai komisi D.

“Komunikasi yang baik ini akan bisa menciptakan hubungan dan pembangunan wilayah yang berkesinambungan,” ujar Ade Firmasyah

Dirinya terbuka jika ada permasalahan pelayanan RS terkait BPJS.Akan kami jembatani , karena BPJS rapatnya dgn kami komisi D. Jika peserta sulit mengakses maka kami bisa mengakses. Yang jelas semua warga Depok , meskipun tidak mampu dan tidak punya BPJS berhak atas layanan kesehatan di RS.

“Tidak punya BPJS atau KIS bila perlu dirawat masukkan saja, bisa dibantu dengan Bansos,” ujarnya.

Ia pun mengemukakan hal lain yang juga diurusinkomisi D seperti Dinas Ketenagakerjaan pembahasannya adanya di komisi D menyusun anggaran ya bareng- bareng meminta persetujuan dan meminta sosialisasi apa saja yang diupayakan terkat penyerapan dan jumlah tenaga kerja.

Begitu pula bidang pendidikan misalnya menyoal beasiswa untuk siswa pintar namun tak mampu, permasalahan terkait sekolah, PPDB, kurikulum dan lainnya.

“Jadi jika ada permasalahan terkait hal tersebut bisa disampaikan dan akan kami jembatani. Ini hanya contoh masih banyak hal lain,” jelas politisi PKS ini.

Ade berharap warga Depok bisa memanfaatkan kehadiran anggota dewan di wilayahnya dengan baik untuk mencapai pembangunan berkesinambungan.

“Jangan berhenti berkomunikasi dan berani menyampaikan permasalahan. Jika tak bisa diselesaikan dengan pikir dewan yang terbatas, masih banyak cara lainnya atau bisa dilanjut di tahun anggaran berikutnya,” tutup Ade. (arn/*)

Sumber : https://www.radardepok.com/politik/9467802335/reses-ade-firmansyah-anggota-dprd-kota-depok-beberkan-3-penting-tugas-wakil-rakyat?page=2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *