video poker bonus
Logo Fraksi PKS DPRD Depok

Website Resmi
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

DPRD Kota Depok

Ini Tiga Amalan untuk Meraih Keberkahan di Bulan Ramadhan

 

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

Fraksi PKS Depok, Ini Tiga Amalan untuk Meraih Keberkahan di Bulan Ramadhan

beritautama.co.id  – Anggota DPRD Depok Qurtifa Wijaya mengatakan bulan Ramadhan adalah bulan penuh dengan keberkahan.

Artinya bulan Ramadhan adalah bulan yang dipenuhi dengan kebaikan-kebaikan.  Disamping melaksanakan ibadah puasa, amalan apalagi yang harus kita perbanyak sehingga kita bisa mendapatkan banyak kebaikan di bulan yang mulia ini?

“Setidaknya ada tiga hal yang harus kita perbanyak sehingga Ramadhan kita berlimpah keberkahan dari Allah SWT,”sebut Qurtifa Wijaya yang juga Anggota Fraksi PKS, Senin (27/03/2023).

Pertama sebut dia, memperbanyak sholat. Ia mengatakan ada sholat shalat fardu atau shalat wajib yang dilaksanakan lima waktu dalam sehari semalam.

“Mari kita tambah kuantitas shalat kita dengan shalat-shalat sunnah, seperti shalat tarawih, shalat witir, shalat tahajud, shalat dhuha shalat rawatib qobliyah maupun ba’diyah serta sholat-sholat sunnah lainnya,”.

“Amalan sunnah yang kita kerjakan di bulan Ramadhan akan diganjar dengan pahala amalan wajib oleh Allah SWT.

“Bersamaan dengan menambah kuantitas shalat, mari kita tingkatkan pula kualitas shalat kita dengan melaksankannya sesuai tuntunan baginda Rasulullah SAW, melaksanakannya dengan penuh ikhlash dan  khusyu’, serta mengingat sebanyak-banyaknya keagungan Allah SWT,”.

Lalu kedua, memperbanyak tilawah Aluran. Amalan membaca Alquran ini diturunkan oleh Allah SWT di bulan Ramadhan, dimana Al-Quran diturunkan di malam kemuliaan yaitu malam Lailatul Qadar.

Allah SWT berfirman di dalam surat al-baqarah ayat 185 yang artinya:

“Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil).”

“Siapa saja yang ingin mendapatkan kemuliaan dari Allah SWT maka hendaknya senantiasa menyandarkan dirinya, akrab dengan Al-Quran Al-Karim, dengan cara membaca, mentadabburi, menghafal, dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,”

Ia mengatakan, bulan Ramadhan adalah saat yang tepat untuk kita meningkatkan interaksi sebanyak-banyaknya dengan Alquranul karim, sebagaimana diriwayatkan dalam hadits bahwa Jibril ‘alaihissalam turun di setiap malam bulan Ramadhan kepada Rasulullah SAW untuk bertadarus  Al-Qur’an bersama Rasulullah SAW.

Ketiga memperbanyak Shadaqah. Kata dia amalan yang ketiga  yang harus kita perbanyak selama bulan Ramadhan adalah memperbanyak shadaqah, yaitu memberikan sebagian dari harta atau rezeki yang Allah SWT karuniakan kepada kita, memberikannya kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan dan berhak untuk menerimanya.

Rasulullah SAW adalah seorang yang sangat dermawan dan kedermawanan Rasulullah berlipatganda selama bulan Ramadhan.

“Rasulullah SAW adalah orang yang paling dermawan, dan beliau bertambah kedermawanannya di bulan Ramadhan ketika bertemu dengan malaikat Jibril, dan Jibril menemui beliau di setiap malam bulan Ramadhan untuk mudarosah (mempelajari) Al Quran.” (HR Al Bukhari).

Hal ini menunjukkan kepada kita semua bahwa bershadaqah atau  berinfak di bulan Ramadhan adalah salah satu amalan yang utama.

Shadaqah bukan saja menjadi ibadah yang menguatkan hubungan kita kepada Allah SWT, tetapi juga menguatkan hubungan kita dengan sesama manusia.

Semoga dengan memperbanyak tiga amalan ibadah sebagaimana disebutkan di atas,  Allah SWT jadikan Ramadhan kita tahun ini menjadi Ramadhan yang lebih berkualitas dibanding tahun-tahun sebelumnya. Wallahu a’lam.***

Sumber : https://www.beritautama.co.id/serbaserbi/5128216816/ini-tiga-amalan-untuk-meraih-keberkahan-di-bulan-ramadhan?page=2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

slot machines online casino